Web Server dan DNS Server | note8ip - NOTE 8 IP

Web Server dan DNS Server | note8ip


Gambar diolah dari mbizmarket.co.id

Halo teman-teman, bagaimana kabarmu hari ini? semoga sehat selalu ya.

Bertemu lagi di postingan note8ip blog, kali ini saya akan membagikan sedikit tentang Web Server dan DNS Server. Oh ya, sebelumnya teman-teman sudah tahu belum tentang Web Server dan DNS Server?

A. Web Sever

Web server adalah sebuah software (perangkat lunak) yang memberikan layanan berupa data. Berfungsi untuk menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien atau kita kenal dengan web browser (Chrome, Firefox). Selanjutnya ia akan mengirimkan respon atas permintaan tersebut kepada client dalam bentuk halaman web. (Sumber: dicoding.com)
Di masing-masing protokol tersebut tersebut berjalan secara default pada port 80 dan 443. Untuk itu agar dapat memasang website pada sebuah server dibutuhkan aplikasi web server.

Contoh aplikasi: Apache, Nginx, Lighttpd, Litespeed.

Gambar: Apache XAMPP


B. DNS Server

Domain Name Server (DNS) identik dengan sebuah sistem yang menyimpan infromasi tentang nama host ataupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar di dalam jaringan komputer, misalkan internet DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat yang menerima surel (email) untuk setiap domain. Singkatnya DNS adalah layanan jaringan yang menerjemahkan nama situs web menjadi alamat internet.

DNS memberi kemudahan sebuah komputer memiliki lebih dari satu nama domain. Misal, domain https://note8ip.com/ merupakan website yang identik dengan layanan web server (website), di lain pihak komputer tersebut juga memiliki layanan berupa lain server sehingga DNS akan memiliki layanan lain berupa mail server sendiri. Misal: mail.note8ip.com (Sumber: diolah dari buku Administrasi Sistem Jaringan SMK/MAK Kelas XI)

Template Catatan
Referensi tentang Web Server, klik di sini

Upload catatan di sini

Upload catatan DNS Server di sini


Subscribe to receive free email updates:

19 Responses to "Web Server dan DNS Server | note8ip"