Tips Mengatasi Suara Kaset Pita Mendem (Padahal Volume Sudah Full) - NOTE 8 IP

Tips Mengatasi Suara Kaset Pita Mendem (Padahal Volume Sudah Full)

Tips mengatasi suara mendem/kurang terdengar dengar keras/kurang mantab (Padahal volume sudah full) pada saat kita menyetel kaset pita.

    Pemutar kaset manual
    Haloo fren, di zaman digital sekarang ini mungkin sedikit dari kalian yang masih menyimpan kaset pita. Kaset yang sangat populer di era tahun 90an mulai tergeser dengan adanya rilisan fisik berupa Compact Disc (CD) yang sangat mudah untuk di copy terus dipindah ke iPod, Mp3, Handphone, dsb. Tetapi sampai saat ini saya yakin masih banyak yang mengkoleksi kaset pita, biasanya mereka yang menyukai musik dari band-band lawas.

    Mengkoleksi kaset pita memang gampang-gampang susah. Alasan yang membuat seseorang sampai saat ini masih mengkoleksi kaset pita menurut saya adalah kaset tersebut sangat berharga, ada banyak cerita dengan kaset pita, dan yang pasti banyak kenangan. hehehe

    Sampai saat ini saya juga masih mengkoleksi kaset pita, walaupun nggak banyak tetapi itu buat saya bahagia (cieeeeeelah bahagia). Menurut saya mendengar musik lewat kaset pita itu juga beda, dari saat memilih kaset mana yang mau saya puter terus memasukan kaset ke walkman/player, semua ada cerita tersendiri deh pokoknya.


    Berikut tips untuk mengatasi kaset pita yang suaranya mendem..

    Tips mengatasi suara mendem/kurang terdengar dengar keras/kurang mantab (Padahal volume sudah full) pada saat kita menyetel kaset pita.

    Ada dua kemungkinan, bisa jadi yang bermasalah tape/player anda. Bisa juga yang bermasalah ada pada kaset pita yang anda putar.
    Head tape

    Pertama cek player anda, pada head tape (yang buat baca pita) dan ban karet/roda. Kalau kedua bagian tersebut kotor, segera bersihkan dengan kapas yang dibasahi dengan air bersih. Membersihkan ban/roda cukup dengan putar/play player anda, tempelkan kapas pada ban/roda di player anda. Setelah itu silahkan cek, pokonya sampai bersih ya fren.

    Jika kedua bagian di player tersebut sudah bersih tetapi suara masih mendem, berarti yang bermasalah ada pada kaset pita anda. *dengan catatan jika tape/player anda normal

    Cek juga bantalan/busa pada kaset jika rusak atau sudah aus harus diganti dengan bantalan/busa yang baru. Ambil dari kaset pita lain yang sudah rusak atau bisa juga menggunakan filter rokok, lalu lem pada kuningan yang untuk bantalan pita.
    Kemudian, yang paling sering terjadi pada kaset lama adalah pita kaset jamuran. Untuk membersihkannya kalian bisa menggunakan pemutar kaset manual atau bisa juga menggunakan pensil/bolpoin.

    Langkah-langkah untuk membersihkan kaset pita adalah sebagai berikut:
    Pemutar kaset manual
    1. Siapkan kapas yang sudah di basahi dengan air bersih (jangan terlalu basah, cukup kena sedikit air saja)
    2. Putar kaset dengan pemutar kaset manual bisa juga menggukan pensil/bolpoin.
    3. Tempelkan kapas di atas pita pada kaset.
    4. Kemudian putar kaset sampai habis pita (warna putih bening), kalau bisa putar bolak balik agar pita di dalam kaset bersih.

    Memutar/play kaset tetapi player tidak mau memutar kaset.
    Aneh bukan? padahal playernya buat muter kaset yang lain oke oke aja tidak ada masalah. Kenapa saat muter kaset ini bermasalah?

    Ada beberapa kemungkinan,
    - Kertas di dalam kaset lembab/basah (kertas biasanya berwarna hitam)
    - Pita di dalam kaset tidak rata, jadi saat player memutar kaset anda serasa berat.

    Untuk mengatasi permasalahan tersebut biasanya saya membuka kaset pita dengan obeng, lalu menjemur kertas yang ada di dalam kaset pita sampai kering. Oh iya, pada saat mengembalikan kertas, posisi pita kaset jangan terbalik ya side a dengan b.
    Kemudian cara untuk mengatasi kaset yang tidak rata cukup dengan menekan kasetnya (sampai bunyi kreeekk)

    Silahkan di coba ya fren, kalau ada yang mau menambahkan silahkan komen di bawah ya.
    Terima kasih.

    Subscribe to receive free email updates:

    18 Responses to "Tips Mengatasi Suara Kaset Pita Mendem (Padahal Volume Sudah Full)"

    1. jaman sekarang apa masih ada kaset kaya gt......?

      BalasHapus
      Balasan
      1. Ya jelas masih lah . Banyak kolektor2 gituan
        Termasuk saya

        Hapus
    2. Mungkin udh mulai rusak aja gan,, hehehe..

      Wah saya mah gk pernah yg begituan,,

      BalasHapus
    3. udah kagak punya kaset gituan gan, tp thanks infonya

      BalasHapus
    4. Sy masih punya setumpuk gun roses dan sejenisnya

      BalasHapus
    5. Maaf.. Baru buka dan baru komen.. Mau tanya apakah Mas Penulis tahu dimana jual pemutar kaset manual? Kalo punya baik yang bekas, akan saya beli.. Terima kasih

      BalasHapus
      Balasan
      1. di instagram banyak keywoardnya #jualwalkman #jualsonywalkman

        Hapus
      2. Yg jual banyak gan, tapi jangan kaget sama harganya hehe

        Hapus
    6. Mau tanya kalo semua kaset pita kita play suaranya ngayun itu knp ya hampir semua kaset gmn cara perbaikinya pdhl di tape deck yg lain lancar2 aja

      BalasHapus
      Balasan
      1. Bisa jadi karetnya kendor mas. Di mesin pemutar kaset ada karetnya, harus di ganti itu mas.

        Hapus
    7. Mau tanya kalo semua kaset pita kita play suaranya ngayun itu knp ya hampir semua kaset gmn cara perbaikinya pdhl di tape deck yg lain lancar2 aja

      BalasHapus
    8. Bener bener terbantu, thanks info nya bang

      BalasHapus
    9. Yg komen bisa jadi udah di angka 30 an ke atas ,,termasuk saya heheh.. pecinta analog semua ini mah ,, Alhamdulillah kurang lebih 100 kaset pita masih tersimpan dan masih di play pasti y..

      BalasHapus
    10. Ka kalo suara kaset pita nya naik turun tu gimana ya ka? Padahal side satunya bagus² aja suaranya. Tapi side B nya suaranya naik turun, ada yg kenceng suaranya, ada yg mendem. Padahal tape baru. Boleh kasih solusi ka?

      BalasHapus
      Balasan
      1. Bisa jadi jamuran,coba bersihin paksi kapas/tisu,tuangin alkohol. Bisa juga busanya kering,coba aja di ganti. Kalau masih begitu, berarti udah kusut dan faktor umur

        Hapus
    11. Saya masih punya min kaset pita, didominasi gesang, the beatles, rolling stones, slank, dewa19

      BalasHapus